BOOKING TIKET PESAWAT

pesta

pesta. Info sangat penting tentang pesta. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai pesta

pesta. Prokimal Kotabumi Lampung Utara. Ribuan blogger dari Indonesia dan sejumlah negara asing berkumpul di Jakarta, hari Sabtu lalu. Para Blogger Indonesia memang terus bertambah. Tahun ini satu kelompok demokrasi Internasional, Freedom House, menyebut Indonesia sebagai satu-satunya negara yang bebas di Asia Tenggara. Komunitas Blogging Indonesia memang merupakan suara yang aktif dan kritis dan sering kali membantu membawa perubahan sosial. Wartawan BBC Karishma Vaswani dari Jakarta melaporkan, Indonesia memiliki jumlah blogger terbanyak di kawasan Asia Tenggara, sebagian dari mereka tidak takut mengkritik kaum kaya dan berkuasa lewat internet. Ini jauh berbeda dengan saat presiden Suharto berkuasa, dimana suara oposisi terhadap penguasa tidak bisa terjadi.

Enda Nasution adalah tokoh yang disebut sebagai bapak blogger Indonesia. "Ini adalah masa depan Indonesia. Maksud saya, mereka [blogger] adalah kaum muda yang tujuh puluh persen berusia di bawah 35 tahun, mereka tidak takut untuk bicara," kata Enda. Dalam beberapa bulan terkhir komunitas blogging mendapat kemenangan penting. Secara khusus adalah kasus Prita Mulyasari yang ditahan karena menulis email berisi keluhan. Menyusul gelombang ungkapan kemarahan di dunia maya, dia pun dibebaskan dari penjara.

Peserta asing ke festival Blogger ini juga kagum dengan kemajuan komunitas online. Brian Giesen adalah pakar interaktif dari Amerika Serikat. "...saya cukup kagum melihat orang sekarang lebih bisa mempergunakan teknologi untuk mengemukakan pendapat dibanding sebelumnya," kata Giesen. Namun para blogger harus terus memperjuangkan hak mengemukakan pendapat. Banyak pihak khawatir Undang-Undang informasi elektronik yang diloloskan tahun lalu adalah upaya pihak berwenang mengatasi blog yang terlalu kritis. Dan sudah dipastikan para blogger akan melakukan perlawanan keras terhadap upaya menghilangkan kebebasan mereka.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger